PEMAKNAAN AYAT AL-QUR'AN SECARA KONTEKSTUAL DALAM KEHIDUPAN DAN PEMBELAJARAN MADRASAH


Abstract Views : 4   PDF Downloads : 1

Penulis

  • Abdul Rasyid Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta
  • lathifatun lathifatunnisa mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur'an
  • Lola Nabila Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemaknaan ayat-ayat Al-Qur’an dapat dikontekstualisasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui proses pembelajaran di madrasah. Kajian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka, dengan menganalisis berbagai penelitian dan praktik pendidikan yang mengaitkan nilai-nilai Al-Qur’an dengan realitas siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengajaran ayat-ayat Al-Qur’an dengan pendekatan kontekstual mampu memperdalam pemahaman siswa terhadap pesan-pesan ilahiah, serta mendorong internalisasi nilai keislaman dalam tindakan sehari-hari. Pembelajaran tidak hanya berfokus pada hafalan, tetapi juga penghayatan makna ayat melalui tema kehidupan seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kasih sayang. Kajian ini merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran yang menekankan pemahaman kontekstual ayat, guna membentuk karakter islami yang utuh.

Referensi

Atiqullah. “STRATEGI PEMBELAJARAN KEAGAMAAN MODEL TEMATIK DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AN-NIDZAMIA PALENGAAN PAMEKASAN.” Nuansa 9, no. 22 (2012): 1–22.

Fawaid, Achmad, and Rif’ah Hasanah. “Pendekatan Parenting Berbasis Al-Qur’an: Kajian Tematik Atas Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua Dan Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah Dalam Qs Luqman Ayat 13-19.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 962. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1233.

Maimunsyah. “Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab” 3, no. 2 (2021). https://ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/download/3215/2440.

———. “Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Serambi Konstruktivis 3, no. 2 (2021): 1–7.

Muhammad Abdurrasyid Ridlo and Dita Khairunnisa. “IMPLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS AKHLAK PADA SANTRI DINIYAH TAKMILIYAH AL-HIKMAH CIGUGURGIRANG” 4, no. 3 (Oktober 2024): h.282.

Munawwaroh, Lailatul. “Pembelajaran Tematik (Telaah Kritis Metodologi Pendidikan Islam).” QuranicEdu: Journal Of Islamic Education 2, no. 1 (2022): 98–114.

Nugroho, Sidiq, Muhammad Munadi, and Kusyaeni. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Tematik Di Kuttab Ibnu Abbas Klaten.” An-Nur: Jurnal Studi Islam 15, no. 01 (2023).

Nugroho, Sidiq, Muhammad Munadi, and Kusyaeni Kusyaeni. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Tematik Di Kuttab Ibnu Abbas Klaten.” AN NUR: Jurnal Studi Islam 15, no. 1 (2023): 84–99. https://doi.org/10.37252/annur.v15i1.427.

Qiftiyah, Maratul, and Yuli Yanti. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Dengan Ayat-Ayat Al Qur’an.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 05, no. 02 (2018).

Ratnawati, Ratnawati, Ikelis Safitri, and Moh Rosyid Mahmudi. “Modul Tematik Terintegrasi Al-Qur’an Dan Hadis Pada Tema 5 Pengalamanku Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 31, no. 2 (2022): 257. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2673.

Ratnawati, Ikelis Safitri, and Moh Rosyid Mahmudi. “Modul Tematik Terintegrasi Al-Qur’an Dan Hadis Pada Tema 5 Pengalamanku Kelas II Sekolah Dasar” 31, no. 2 (2022). https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/2673/1588.

Rohman, Ahmad Fadlu. “Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Klompangan Jember Ahmad Fadlu Rohman Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.” Indonesian Journal of Islamic Teaching 4, no. 1 (2021): 48–61.

Santosa, Sedya, and Zahratul Fitria. “Pembelajaran Tematik (Metodologi Dalam Islam).” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 6 (2021): 1518. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8565.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2001.

Siti Nur Irhami. “Implementasi Pendekatan Konstekstual Untuk Meningkatkan Gairah Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Negeri 02 Banyumas” 7, no. 1 (2019): h.33.

Solekah, Siti Maratus, Iriansyah, Rofiqoh, Muhammad Rizal Ansori, and Jajang. “METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH.” RAUDHAH Proud To Be Professionals 9 (2024): 1–12.

Sudarmanto, Eko, Ahmad Amarullah, Hairul Saleh, and Sitti Rabiah Yusuf. “Pengembangan Metode Pembelajaran Dengan Konsep Sintesis Sains Dan Al-Quran (SSQ).” Jurnal Kajian Islam Modern 09, no. 02 (2023). https://doi.org/10.56406/jkim.v9i02.290.

Tati, Zulkardi, and Yusuf Hartono. “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN TURUNAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG” 3, no. 1 (January 2009): h.77.

Diterbitkan

08-09-2025

Cara Mengutip

Abdul Rasyid, lathifatunnisa, lathifatun, & Lola Nabila. (2025). PEMAKNAAN AYAT AL-QUR’AN SECARA KONTEKSTUAL DALAM KEHIDUPAN DAN PEMBELAJARAN MADRASAH. Jurnal Islam Pesisir Dan Kajian Keislaman, 1(1). Diambil dari https://ejournalpasca.unisi.ac.id/index.php/jipkk/article/view/74

Terbitan

Bagian

Articles

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Islam Pesisir dan Kajian Keislaman

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.