The Effectivity of “DIFA” Method in Memorizing the Quran at Baqiyat al-Sa’diyah Islamic Boarding School, Indragiri Hilir Riau


Abstract Views : 3   PDF Downloads : 2

Penulis

  • Ridhoul Wahidi Gianti Universitas Islam Indragiri
  • Asmariani Universitas Islam Indragiri
  • Nurmadiah Universitas Islam Indragiri

Abstrak

Artikel ini mengkaji penerapan Metode DIFA dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Baqiyat al-Sa’diyah, Indragiri Hilir, Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik Metode DIFA diterapkan, menelaah tingkat efektivitas santri dalam menghafal Al-Qur’an, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses hafalan Al-Qur’an menggunakan Metode DIFA di Pondok Pesantren Baqiyat al-Sa’diyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, dengan instrumen pengumpulan data berupa angket tertulis, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis product moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian santri mampu menyelesaikan hafalan Al-Qur’an dalam rentang waktu 3–6 tahun. Faktor pendukung keberhasilan hafalan meliputi motivasi dan kesungguhan santri serta peran pendidik atau ustaz. Adapun faktor penghambat meliputi sikap santri, seperti rasa malas dan kelelahan, yang berdampak signifikan terhadap proses hafalan; faktor jadwal, yaitu padatnya waktu yang harus dialokasikan santri untuk menghafal (ḥifẓ) dan mengulang hafalan (murāja‘ah); serta faktor pendidik, khususnya keterbatasan jumlah ustaz tahfiz yang memadai, yang berpengaruh terhadap keberhasilan program. Data penelitian juga menunjukkan bahwa salah satu kendala utama dalam program hafalan Al-Qur’an dengan Metode DIFA di Pondok Pesantren Baqiyat al-Sa’diyah adalah minimnya jumlah tenaga pengajar di bidang tahfiz.

Referensi

Justan, Rahmat, Abdul Aziz, and Universitas Muhammadiyah Makassar. 2024. “Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 3 (2).

Omar, Najmiah Binti, Nor Hafizi bin Yusof, Fatimah Zaharah Ismail, and Wan Fajrulhisyam bin Wan Abdullah. 2020. “Kesalahan Bacaan Al-Quran Dalam Tilawah Al-Quran Dan Kriteria Evaluasi.” Tamaddun 21 (1): 115. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1383.

Ridhoul Wahidi. 2024. Sukses Menghafal Dan Menjaga Al-Qur`an Meski Sibuk Kuliah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rofiul Wahyudi, Ridhoul Wahidi. 2018. Metode Tahfidh Juz 30 Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: UAD Press. https://repository.unisi.ac.id/162/1/Metode Tahfidh Juz 30 untuk mahasiswa.pdf.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Interview with ustadz Fahdi, on May 2nd, 2019, at 13.00

Interview with ustadz Yusuf, on May 10th, 2019, at 10.00

Interview with Ust. Ulul Azmi, on May 14th, 2018, at 14.00

Interview with ustadz Djoko, on Juny 06th, 2019, at 20.00

Interview with Radit, on Juny 10th, 2019, at 21.00

Interview with Amrul, on Juny 10th, 2019, at 21.00

Interview with ustadz Mansyur, on August 1st, 2019 at 21.00 WIB

Data files of Baqiyat

Diterbitkan

22-12-2025

Cara Mengutip

Gianti, R. W., Asmariani, & Nurmadiah. (2025). The Effectivity of “DIFA” Method in Memorizing the Quran at Baqiyat al-Sa’diyah Islamic Boarding School, Indragiri Hilir Riau . Jurnal Islam Pesisir Dan Kajian Keislaman, 1(2), 124–140. Diambil dari https://ejournalpasca.unisi.ac.id/index.php/jipkk/article/view/146

Terbitan

Bagian

Articles

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Islam Pesisir dan Kajian Keislaman

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.