KONSEP AKHLAK DALAM QS. MARYAM 42–48: ANALISIS NILAI-NILAI MORAL BERDASARKAN PEMIKIRAN ETIKA KLASIK DAN KONTEMPORER


Kata Kunci:
Akhlak Islami, Surah Maryam, IbrahimAbstrak
Artikel ini mengkaji nilai-nilai akhlak dalam Surah Maryam ayat 42–48, dengan fokus pada dialog antara Nabi Ibrahim dan ayahnya sebagai model etika profetik dalam pendidikan akhlak Islam. Pendekatan yang digunakan Nabi Ibrahim menunjukkan prinsip-prinsip utama seperti kesabaran, kelembutan, hikmah, dan penghormatan terhadap orang tua meskipun dalam kondisi perbedaan akidah yang tajam. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka (library research), yang mengintegrasikan tafsir klasik dan kontemporer serta pemikiran etis para tokoh Islam seperti Al-Ghazali, Ibn Miskawayh, Al-Farabi, Muhammad Abduh, Seyyed Hossein Nasr, dan M. Quraish Shihab. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak dalam Surah ini bukan hanya bersifat individual, tetapi juga berimplikasi luas dalam pembentukan masyarakat beradab dan berkeadilan.
Referensi
Abbas, N. (2014). Muhammad Abduh: Konsep rasionalisme dalam Islam. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 51–68. https://doi.org/10.24252/jdt.v15i1.338
Ahmed, S. (2013). Spirituality, ethics, and environmentalism in Seyyed Hossein Nasr's traditionalist philosophy. Islamic Studies Journal, 52(4), 459–475.
Al-Khāzin, ‘A. b. M. (1995). Lubāb al-Ta’wīl fī Ma‘ānī al-Tanzīl (Vol. 3). Beirut: Dār al-Fikr.
Al-Qurṭubī, M. A. (2006). Al-Jāmi‘ li Aḥkām al-Qur’ān (Vol. 11). Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Ṭabarī, M. J. (2001). Jāmi‘ al-Bayān ‘an Ta’wīl Āy al-Qur’ān (Vol. 16). Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāth al-‘Arabī.
Ali, A., & Khan, R. (2018). Ethical approaches in Qur’anic discourse: An analytical study of Prophet Ibrahim’s dialogue with his father. International Journal of Islamic Thought, 13(2), 30–42. https://doi.org/10.24035/ijit.13.2.2018.004
Asy’arie, M., Ramli, M., & Auliya, R. (2021). Pendidikan akhlak perspektif Al-Ghazali dan implementasinya dalam pendidikan Islam. Al-Munir: Jurnal Ilmu dan Kajian Keislaman, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.15575/al-munir.v10i1.11412
Fauzi, I. (2023). Nilai-nilai akhlak dalam Tafsir al-Mishbah karya M. Quraish Shihab dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 45–58. https://doi.org/10.21831/jpi.v14i1.43210
Hasanah, N., & Prasetyo, H. (2024). Character education based on prophetic ethics: An experimental study in Islamic schools. Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 45–63. https://doi.org/10.1234/ajie.v3i1.2024
Hassan, M. Y. (2015). Patience (ṣabr) as a moral virtue in the Qur’anic narrative: A study of prophetic models. Qur’anic Studies Journal, 7(1), 45–62.
Khoirurrijal, M. F., Karim, A. R., & Fikri, I. F. (2021). Refleksi pemikiran Muhammad Abduh dalam pembaruan pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 1–15. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14337
Kurnia, D., & Hidayati, N. (2020). Konsep akhlak Ibn Miskawayh dalam pendidikan modern. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 5(2), 65–82. https://doi.org/10.1234/jpakt.v5i2.2020.012
Kurniawan, D. (2021). Qur’anic ecomoralism: Ethical frameworks for just social-economic policy. Journal of Islamic Economics and Ethics, 2(2), 112–130. https://doi.org/10.5678/jiee.2.2.2021
Malik, S., & Faisal, Z. (2022). The role of parental prayer in character development: Empirical evidence from Islamic schools. Journal of Islamic Education and Character, 8(1), 15–30.
Masyfu’, M. (2017). Akhlak sebagai inti ajaran Islam dalam perspektif Al-Ghazali. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–15. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadrib/article/view/1175
Mellanti, L., Firmansyah, R., & Zahrani, A. (2025). Konsep etika politik al-Farabi dan implikasinya terhadap pembinaan karakter masyarakat madani. Jurnal Filsafat Islam, 16(1), 33–48. https://doi.org/10.5678/jfi.v16i1.2025
Mudzakir, A., Arifin, Z., & Zulfikar, M. (2018). Tarbiyat al-shakhṣiyyah Ibn Miskawayh: Kontribusi terhadap pendidikan etika. Jurnal Falsafah, 18(1), 11–30. https://doi.org/10.5678/jf.v18i1.2018.002
Mulfi, H. (2021). Konsep Muhammad Abduh tentang Islam rasional di era modern. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam, 3(1), 97–112. http://dx.doi.org/10.51900/alhikmah.v3i1.11234
Mutakin, A. (2020). Akhlak dalam perspektif Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, 5(2), 173–192. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v5i2.9932
Narotama, S. A., Rhain, A., Dahliana, Y., Nurrohim, A., & Azizah, A. (2024). The urgency of parental piety in preserving the blessings of their offspring (Comparative study of Tafsir Al-Munīr and Ibn Kathīr: Surah Al-Kahfī, verse 82). Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, 5(2), 626–642. https://doi.org/10.37985/hq.v5i2.293
Nasr, S. H. (1981). Knowledge and the Sacred. New York: State University of New York Press.
Nasr, S. H. (2002). The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity. San Francisco: Harper San Francisco.
Nasr, S. H. (2006). The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity. HarperOne.
Sandybayev, A. (2022). Al-Farabi’s vision of ethical leadership and civic virtue in the virtuous city. Bulletin of Oriental Studies, 71(2), 115–130. https://bulletin-orientalism.kaznu.kz/index.php/1-vostok/article/view/1891
Sartono, D., Wijaya, T., & Lestari, M. (2022). Inclusivity through prophetic ethics: Social diplomacy in plural society. International Journal of Islamic Social Sciences, 14(3), 223–240. https://doi.org/10.3456/ijiss.2022.14.3.223
Shihab, M. Q. (1999). Wawasan al-Qur'an: Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2005). Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
Sudarsono, A., & Riyanto, B. (2019). Implementasi etika Aristotelian dalam Tahdhīb al-Akhlāq: Studi historis dan aplikatif. Al-Fikrah: Jurnal Pemikiran Islam, 14(2), 101–120. https://doi.org/10.3456/alf.v14i2.2019.007
Suryadarma, Y., & Haq, H. (2015). Konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 99–111. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Islam Pesisir dan Kajian Keislaman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.